Senin, 16 Januari 2012

Minggu, 15 Januari 2012

contoh RPP

RENCANA PROSES PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1 TONJONG
4x Pertemuan
Kurikulum : KTSP
Mapel : Seni Musik
Kelas /smt : IX/I
Waktu : 2x40 menit
Materi Pokok :
Guru : Devi Arostiyani
Tapel : 2010/2011
Standar Kompetensi : Mengekspresikan karya seni musik
Kompetensi Dasar :
1.       Mengidentifikasi alat-alat musik daerah
2.       Menampilkan karya seni musik lagu daerah
Indikator :
1. Mengelompokan alat-alat musik sesuai dengan cara memainkannya
2. Menggunakan beberapa alat musik daerah sesuai dengan cara memainkan
3. Memainkan alat music daerah yang dikuasai di depan kelas
Metode Pembelajaran : ceramah, CTL, lifeskill, demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas
Model Pembelajaran : Tutor sebaya
Kegiatan Pembelajaran 1. Metode yang digunakan ceramah, demonstrasi
Penggunaan ICT




Kegiatan Pembelajaran 2, metode yang digunakan ceramah dan tutor sebaya





Kegiatan Pembelajaran 3, metode yang digunakan CTL, demonstrasi, lifeskill dan tutor sebaya





Kegiatan pembelajaran 4, metode yang digunakan CTL, demonstrasi, lifeskill dan tutor sebaya





Strategi Penilaian
Tanya Jawab

Tugas perbaikan

Tugas mandiri

Presentasi individu

Pengamatan

Tugas

Skenario/langkah pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Waktu
Rincian kegiatan
Pendahuluan
10 menit
1.      Berdoa bersama-sama dan salam pembuka
2.      Presensi
3.      Bercerita tentang musik
4.      Mengaitkan cerita tersebut dengan  yang akan di ajarkan
Kegiatan inti
65
menit
a.          Eksplorasi
1.      mengelompokkan beberapa alat musik sesuai dengan cara memainkannya
2.      memainkan alat musik daerah
b.          Elaborasi
1.        Menampilkan video penggunaan alat musik
2.        Menjelaskan makna penggunaan alat musik
3.        Memberikan soal-soal latihan
4.        Memberikan tugas kepada siswa agar belajar salah satu alat musik untuk ditampilkan di depan kelas
c.         Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan penutup
5 menit
1.      Kesimpulan tentang materi yang diajarkan
2.      Penekanan tugas untuk belajar salah satu alat musik
3.      Memberikan motivasi kepada siswa
4.      Berdoa bersama-sama
Skenario pembelajaran
Pertemuan ke 2
Pendahuluan
5 menit
1.      Berdoa bersama dan salam pembuka
2.      Presensi
Kegiatan inti
70 menit
a.         Eksplorasi
1.      Tanya jawab tentang kesulitan siswa dalam tuga yang di berikan pada pertemuan sebelumnya
b.         Elaborasi
1.      Memberikan solusi tentang kesulitan yang dihadapi siswa
2.      Memberi waktu siswa untukberlatih  dengan di berikan arahan
c.         Konfirmasi
1.      Memotivasi siswa agar terus belajar
Kegiatan penutup
5 menit
1.      Memotivasi siswa
2.      Berdoa bersama-sama
Skenario pembelajaran
Pertemuan ke 3
Pendahuluan
5 menit
1.      Berdoa bersama
2.      Presensi
Kegiatan inti
70 menit
a.         Eksplorasi
1.      Meberkan pengarahan dalam penampilan tugas
b.         Elaborasi
1.      Memilih secara acak/random siswa yang akan tampil (15 siswa)
c.         Konfirmasi
1.      Memberikan penjelasan kekurangan siswa yang telah tampil agar siswa yang belum tampil tidak menulangi
Kegiatan penutup
5 menit
1.      Memotivasi siswa yang belum tampil
2.      Berdoa bersama
Skenario/langkah pembeljaran
Pertemuan ke 4
Pendahuluan
5 menit
1.      Berdoa bersam
2.      Presensi
Kegiatan inti
70 menit
a.          Eksplorasi
1.   Meberkan pengarahan dalam penampilan tugas
b.          Elaborasi
1.      Memilih secara acak/random siswa yang akan tampil (15 siswa)
c.         Konfirmasi
1.      Memberikan pujian kepada semua siswa atas kerja keras mereka
Penutup
5 menit
1.      Menunjukan rasa bangga kepada semua siswa
2.      Berdoa bersama
Evaluasi
Siswa menampilkan alat musik yang paling dikuasai

Refleksi
Tanya jawab kebermanfaatan materi
Sumber  belajar
-       Buku “Seni Budaya 3 untuk SMP” oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta : Erlangga.
-       VCD peragaan alat musik
-       LCD
-       Alat musik yang digunakan siswa

Indikator penilaian:
1.      Penghayatan siswa dalam memainkan alat musik’
2.      Kemahiran siswa dalam memainkan alat musik
3.      Ketepatan nada
4.      Keseriusan siswa dalam memainkan alat musik
Teknik penilaian :
1.      Melalui pengamatan sesuai dengan indikator penilaian
2.      Penampilan siswa memainkan alat musik
Bentuk instrumen :
1.      Lembar penilaian
KKM : 65



Lembar penilaian
No.
Nama siswa
Indikator penilaian
Penghayatan
Kemahiran memainkan alat musik
Ketepatan nada
Keseriuasan
1.
2.
3.
4.
5.
6.