Senin, 16 Januari 2012
Minggu, 15 Januari 2012
contoh RPP
RENCANA
PROSES PEMBELAJARAN
|
NAMA SEKOLAH : SMP NEGERI 1
TONJONG
|
||||||||
|
4x Pertemuan
|
Kurikulum : KTSP
|
Mapel : Seni Musik
|
Kelas /smt : IX/I
|
|||||
|
Waktu : 2x40 menit
|
Materi Pokok :
|
Guru : Devi Arostiyani
|
Tapel : 2010/2011
|
|||||
|
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan karya seni musik
|
||||||||
|
Kompetensi Dasar :
1.
Mengidentifikasi alat-alat musik
daerah
2.
Menampilkan karya seni musik lagu
daerah
|
||||||||
|
Indikator :
1. Mengelompokan alat-alat
musik sesuai dengan cara memainkannya
2. Menggunakan beberapa alat
musik daerah
sesuai dengan cara memainkan
3. Memainkan alat music
daerah yang dikuasai di
depan kelas
|
||||||||
|
Metode Pembelajaran : ceramah,
CTL, lifeskill, demonstrasi,
tanya jawab dan pemberian tugas
|
||||||||
|
Model Pembelajaran : Tutor
sebaya
|
||||||||
|
Kegiatan Pembelajaran 1.
Metode yang digunakan ceramah, demonstrasi
|
||||||||
|
Penggunaan ICT
|
|
|
|
|
||||
|
Kegiatan Pembelajaran 2,
metode yang digunakan ceramah dan tutor sebaya
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
Kegiatan Pembelajaran 3,
metode yang digunakan CTL, demonstrasi, lifeskill dan tutor sebaya
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
Kegiatan pembelajaran 4,
metode yang digunakan CTL, demonstrasi, lifeskill dan tutor sebaya
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
Strategi Penilaian
|
||||||||
|
Tanya Jawab
|
|
Tugas perbaikan
|
|
|||||
|
Tugas mandiri
|
|
Presentasi individu
|
|
|||||
|
Pengamatan
|
|
Tugas
|
|
|||||
|
Skenario/langkah pembelajaran
|
Pertemuan 1
|
|||||||
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Rincian kegiatan
|
||||||
|
Pendahuluan
|
10 menit
|
1.
Berdoa bersama-sama dan salam pembuka
2.
Presensi
3.
Bercerita tentang musik
4.
Mengaitkan cerita tersebut dengan
yang akan di ajarkan
|
||||||
|
Kegiatan inti
|
65
menit
|
a.
Eksplorasi
1.
mengelompokkan beberapa alat musik sesuai dengan cara memainkannya
2.
memainkan alat musik daerah
b.
Elaborasi
1.
Menampilkan video penggunaan alat musik
2.
Menjelaskan makna penggunaan alat musik
3.
Memberikan soal-soal latihan
4.
Memberikan tugas kepada siswa agar belajar salah satu alat musik untuk
ditampilkan di depan kelas
c.
Konfirmasi
1.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
||||||
|
Kegiatan penutup
|
5 menit
|
1.
Kesimpulan tentang materi yang diajarkan
2.
Penekanan tugas untuk belajar salah satu alat musik
3.
Memberikan motivasi kepada siswa
4.
Berdoa bersama-sama
|
||||||
|
Skenario pembelajaran
|
Pertemuan ke 2
|
|||||||
|
Pendahuluan
|
5 menit
|
1.
Berdoa bersama dan salam pembuka
2.
Presensi
|
||||||
|
Kegiatan inti
|
70 menit
|
a.
Eksplorasi
1.
Tanya jawab tentang kesulitan siswa dalam tuga yang di berikan pada
pertemuan sebelumnya
b.
Elaborasi
1.
Memberikan solusi tentang kesulitan yang dihadapi siswa
2.
Memberi waktu siswa untukberlatih
dengan di berikan arahan
c.
Konfirmasi
1.
Memotivasi siswa agar terus belajar
|
||||||
|
Kegiatan penutup
|
5 menit
|
1.
Memotivasi siswa
2.
Berdoa bersama-sama
|
||||||
|
Skenario pembelajaran
|
Pertemuan ke 3
|
|||||||
|
Pendahuluan
|
5 menit
|
1.
Berdoa bersama
2.
Presensi
|
||||||
|
Kegiatan inti
|
70 menit
|
a.
Eksplorasi
1.
Meberkan pengarahan dalam penampilan tugas
b.
Elaborasi
1.
Memilih secara acak/random siswa yang akan tampil (15 siswa)
c.
Konfirmasi
1.
Memberikan penjelasan kekurangan siswa yang telah tampil agar siswa yang
belum tampil tidak menulangi
|
||||||
|
Kegiatan penutup
|
5 menit
|
1.
Memotivasi siswa yang belum tampil
2.
Berdoa bersama
|
||||||
|
Skenario/langkah pembeljaran
|
Pertemuan ke 4
|
|||||||
|
Pendahuluan
|
5 menit
|
1.
Berdoa bersam
2.
Presensi
|
||||||
|
Kegiatan inti
|
70 menit
|
a.
Eksplorasi
1.
Meberkan pengarahan dalam penampilan tugas
b.
Elaborasi
1.
Memilih secara acak/random siswa yang akan tampil (15 siswa)
c.
Konfirmasi
1.
Memberikan pujian kepada semua siswa atas kerja keras mereka
|
||||||
|
Penutup
|
5 menit
|
1.
Menunjukan rasa bangga kepada semua siswa
2.
Berdoa bersama
|
||||||
|
Evaluasi
Siswa menampilkan alat musik
yang paling dikuasai
|
|
|||||||
|
Refleksi
Tanya jawab kebermanfaatan
materi
|
Sumber belajar
- Buku
“Seni Budaya 3 untuk SMP” oleh Drs. Setyobudi, M. Pd. dkk. Jakarta :
Erlangga.
- VCD peragaan alat musik
- LCD
- Alat musik yang digunakan siswa
|
|||||||
|
Indikator penilaian:
1.
Penghayatan siswa dalam memainkan alat musik’
2.
Kemahiran siswa dalam memainkan alat musik
3.
Ketepatan nada
4.
Keseriusan siswa dalam memainkan alat musik
|
Teknik penilaian :
1.
Melalui pengamatan sesuai dengan indikator penilaian
2.
Penampilan siswa memainkan alat musik
|
Bentuk instrumen :
1.
Lembar penilaian
|
||||||
|
KKM : 65
|
||||||||
Lembar penilaian
|
No.
|
Nama siswa
|
Indikator penilaian
|
|||
|
Penghayatan
|
Kemahiran memainkan alat
musik
|
Ketepatan nada
|
Keseriuasan
|
||
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
Langganan:
Komentar (Atom)